Catatan 3(Memurnikan Islam)* Imam Zarkasyi

Pernah terjadi rombongan yang terdiri dari 9 (sembilan) orang datang ke Pondok Modern. Di antara anggota rombongan itu ada alumni Pondok Modern. 

Mula-mula percakapan baik-baik saja dalam membicarakan usaha-usaha memajukan agama. Akan tetapi, ketika sampai pada suatu hal, mereka mengatakan, "Sayang pak, anak-anak alumni Pondok Modern Gontor ini kurang bersemangat, atau melempem kalau diajak berjuang". Kami bertanya, "Berjuang bagaimana?" Dijawab "berjuang memurnikan ajaran ajaran Islam". Ketika itu kami jawab "Apa yang saudara maksudkan dengan perjuangan memurnikan ajaran Islam" Dijawab, "Itu... memberantas bid'ah dan kekolotan".

Rupanya mereka ini hendak berjuang dalam masalah khilafiyah. Maka ketika itu pimpinan Pondok Modern Gontor menjawab, "Kalau begitu maksud saudara, memang kami larang anak kami berjuang cara demikian. Saudara hendak memurnikan ajaran Islam itu memakai cara mana? Cara Nahdlatul Ulama-kah? atau cara PERSIS-kah? atau cara Muhamadiyah? Saudara-saudara yang mempertahankan ushalli itu juga untuk maksud memurnikan ajaan Islam. Kaum PERSIS memberantas ushalli, dan sebagainya itu pun untuk memurnikan ajaran Islam.

*Biografi K.H Imam Zarkasyi dari Gontor merintis pesantren modern, sekedar penjelasan tentang masalah khilafiyah.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

Masih sebagai manusia yang tersesat di tengah, antara salah paham yang tak berujung

0 comments:

Post a Comment